Minggu, 08 Desember 2019

Bersihkan luka dengan sabun, tidak boleh, ya?


Satu hal yang harus kalian lakukan pada saat sebelum mengobati luka dibersihkan potongan pertama. Hal ini harus segera dilakukan untuk mencegah infeksi pada luka. Tapi apa yang harus membersihkan luka dengan sabun? Simak penjelasan berikut.

Sabun Sama Sekali tidak boleh di pergunakan untuk segera membersihkan bekas luka segera

Ketika Anda terluka, Anda harus segera mengobati luka. Namun, sebelum kesepakatan itu, harus juga membersihkan luka yang pertama. Karena cedera tidak segara dibersihkan bisa berpotensi menyebabkan infeksi di suatu saat hari.

ada beberapa cara yang harus kalian lakukan untuk membersihkan luka,. Yang pertama adalah untuk membersihkan daerah sekitar luka. Anda hanya dapat membersihkan daerah sekitar luka dengan sabun balik sabun yang digunakan tidak langsung pada luka.

Mengapa? Karena interaksi antara sabun dan luka dapat menyebabkan iritasi luka. Jika Anda tetap bersikeras untuk membersihkan luka dengan sabun, cedera Anda akan lebih sulit untuk menyembuhkan. Selain itu, luka terbuka yang terkena sabun mungkin merasa tidak nyaman dan Anda lakukan.

Alih-alih menggunakan sabun, akan lebih baik jika Anda menggunakan larutan garam atau air untuk membersihkan luka. Selain lebih aman, baik disebutkan lebih efektif untuk menyembuhkan cedera. Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa pada prinsipnya harus segera membersihkan luka dengan sabun.

Jadi langkah-langkah apa yang harus dilakukan jika Anda ingin membersihkan luka?

Jika Anda sudah tahu mengapa hal itu tidak harus membersihkan luka dengan sabun, waktu itu untuk mencari tahu apa langkah yang harus Anda ambil ketika membersihkan luka.

1. Cuci tangan Anda

Sebelum menyentuh luka atau daerah sekitar luka, lebih baik jika Anda mencuci tangan Anda. Karena Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda adalah kebersihan tangan sangat berpengaruh saat membersihkan luka.

Jika kedua tangan yang bersih, bakteri yang menempel pada kedua tangan Anda hanya bisa bertengger di infeksi luka dan menyebabkan. Jika Anda tidak yakin kebersihan, Anda harus mencuci tangan dengan sabun untuk benar-benar bersih.

2. Berhenti luka pendarahan

Bila Anda telah selesai membersihkan tangan dengan sabun, waktu itu Anda menghentikan luka berdarah. Gunakan kain bersih atau handuk. Kemudian, tempelkan dan tekan kain atau handuk untuk luka sampai berhenti pendarahan. Apalagi jika luka Anda pernah mengalami cukup besar.

Jika luka perdarahan tidak akan berhenti sampai kain atau handuk yang Anda gunakan adalah penuh dengan darah, gunakan kain atau handuk jauh lebih untuk menghentikannya. Tekan lagi sulit untuk menghentikan pendarahan.

3. Bilas luka dengan air

Jika Anda berhasil menghentikan luka pendarahan, saatnya untuk membersihkan luka. Seperti disebutkan di atas, tidak membersihkan luka dengan sabun. Cukup bilas luka Anda dengan air seperti air keran, misalnya.

Langkah ini berguna untuk merobek kulit dan menghilangkan kotoran dan puing-puing yang tersisa cedera. Setelah itu, gunakan kain lembut untuk membersihkan daerah di sekitar luka. Untuk membersihkan daerah sekitar luka, Anda harus membersihkannya dengan sabun. Awalnya, gunakan sabun yang aman.

Pastikan sabun yang Anda gunakan tidak langsung pada luka untuk mencegah iritasi. Anda juga dapat menggunakan pinset untuk menghilangkan kotoran atau cedera yang tersisa meskipun ia membersihkan puing-puing. Namun, pastikan bahwa pinset yang dibersihkan menggunakan larutan alkohol.

4. kering luka dibersihkan

Jika luka memiliki pembersihan selesai, gunakan kain bersih untuk mengeringkan luka. Lembut menepuk kain pada luka dan daerah sekitarnya masih basah, sampai kering. Hindari menggunakan kapas atau bahan yang dapat terjebak dalam luka.

Setelah itu, gunakan salep antibiotik atau krim untuk menjaga kelembaban kulit yang rusak dan mencegah timbulnya infeksi. Namun, penggunaan salep atau krim harus mematuhi petunjuk dokter.

Bungkus perban luka dengan disterilkan sebelum luka dilindungi terhadap ancaman yang bisa memperburuk. Namun, cedera tersebut tidak terlalu tergores atau tidak perlu perban dibungkus.

Jika Anda sudah melakukan langkah di atas, tapi cedera tidak membaik, segera hubungi dokter Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar