Rabu, 18 Desember 2019

Daftar Makanan yang Direkomendasikan dan yang Harus Dibatasi Penderita Asma


Asma adalah penyakit pernapasan. Namun, penderita asma harus selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap hari pilih-pilih jenis. Banyak yang tidak tahu bahwa pilihan makanan terkait dengan kemungkinan kambuhnya asma. makanan yang salah dapat memperburuk gejala asma rentan untuk kambuh setiap saat, Anda tahu! Jadi makanan apa yang diperbolehkan bagi penderita asma dan siapa yang tidak?

Pentingnya menjaga pola makan yang sehat bagi penderita asma

Penderita asma harus menjaga pola makan yang baik. Selain upaya untuk mengontrol gejala asma, sehat diet dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Dalam banyak kasus, penderita asma yang kelebihan berat badan dan obesitas cenderung lebih respon terhadap pengobatan selama di rumah sakit.

Sebuah studi di Annals of American Thoracic Society mengungkapkan bahwa mencoba untuk menurunkan sedikitnya 10 persen dari berat badan adalah awal yang baik untuk mencapai berat badan ideal Anda.

Konsumsi makanan yang baik bagi penderita asma

Bahkan, tidak ada makanan tertentu yang benar-benar bekerja untuk asma mengobati. Hal ini diamini oleh Elizabeth Secord, MD, direktur program pelatihan untuk Alergi dan Imunologi di Rumah Sakit untuk anak-anak di Detroit Michigan, USA di situsnya Everyday Health,

Meskipun Elizabeth sudah menjelaskan bahwa selektif memilih jenis makanan dapat membantu mengendalikan asma dan mencegah kekambuhan gejala.

Berikut adalah beberapa pilihan makanan yang dimakan untuk asma:

1. Asam Lemak Omega 3

lemak tidak selalu buruk bagi tubuh. Asalkan hati dalam memilih jenis makanan, lemak, dapat membawa manfaat kesehatan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Allergology International, lemak dari tumbuhan dan asam lemak omega-3 dapat mengurangi peradangan pada saluran udara penderita asma. Dengan demikian, risiko kekambuhan gejala asma dapat diminimalkan.

Hal ini didukung oleh studi lain yang diterbitkan dalam The Journal Dada. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa omega-3 asam lemak juga baik untuk kesehatan paru-paru penderita asma.

Untuk makanan dengan asma, Anda bisa mendapatkan lemak sehat dari minyak zaitun, biji chia, rami (biji rami), dan kacang-kacangan. Sementara lemak hewan yang sehat ditemukan dalam ikan berlemak seperti salmon, tuna dan sarden.

2. apel

Ada banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa apel dapat mencegah risiko penyakit. Data terbaru, apel, bahkan diketahui membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan kontrol gejala asma.

Studi yang dilakukan oleh peneliti di Inggris menemukan bahwa orang dengan asma yang mengonsumsi apel setiap hari memiliki risiko lebih rendah dari serangan asma daripada mereka yang tidak makan apel sama sekali.

Dalam paling lezat segar baru dimakan, Anda dapat memperlakukan apel menjadi jus atau smoothie. Menambahkan berbagai buah-buahan lainnya sehingga makanan yang baik bagi penderita asma paling lezat bila dimakan.

3. Wortel

Siapa yang tak kenal dengan sayuran itu? Wortel, jeruk umbi kuning terkenal untuk menjaga kesehatan mata yang baik.

Bahkan, makanan yang terbuat dari wortel memiliki kelebihan lain yang tidak sehat bagi penderita  penyakit asma. Studi menemukan bahwa dalam beta karoten yang terdapat di dalam buah wortel dapat utnuk mengurangi serangan dari asma dipicu oleh latihan setelah dikonversi oleh tubuh menjadi vitamin A.

Selain itu, vitamin C berlimpah dalam wortel juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dimungkinkan HINDARI berbagai infeksi tubuh, seperti pilek dan flu, yang dapat memicu serangan asma. Terutama jika gejala cukup parah.

Namun, Anda harus memperhatikan makan wortel. Bagi sebagian orang, bahkan mungkin wortel dapat menyebabkan reaksi alergi yang memicu gejala asma. Oleh karena itu, sebelum makan wortel, pastikan bahwa Anda tidak memiliki riwayat alergi untuk itu.

4. bayam

Sayuran hijau sejenis bayam juga termasuk dalam daftar jenis  makanan yang baik utnuk di akan untuk para penderita penyakit asma. Kandungan asam folat (vitamin B9) dalam bayam dapat membantu mengendalikan asma.

Penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings of the American Thoracic Society juga menemukan hal serupa. Para peneliti dalam studi ini melaporkan bahwa anak-anak yang tidak menerima asupan asam folat dan vitamin D delapan kali lebih mungkin untuk memiliki serangan asma. Hasil ini berlaku dalam kaitannya dengan anak-anak yang memenuhi kedua dengan makanan yang cukup.

Selain bayam, Kalian juga bisa mendapatkan asupan dari folat dari sayuran hijau seperti brokoli dan kacang-kacangan.

5. Pisang

Selain batuk terus-menerus, asma sering disertai dengan mengi gejala. Desah adalah suara siulan, atau nya "RNSA RNSA" ketika Anda bernapas atau menghirup napas. Hal ini terjadi karena udara dikeluarkan melalui saluran pernapasan tersumbat atau menyempit.

Untuk mencegah mengi akibat asma, Anda dapat makan pisang. Sebuah studi yang sudah diterbitkan dalam European Respiratory Journal membuktikan bahwa buah pisang dapat mengurangi mengi pada anak-anak dengan asma. imbalan ini dicapai berkat kandungan antioksidan.

Pisang kaya akan asam fenolik yang larut dalam air. Bahkan, pisang fenolik kandungan asam dari buah-buahan lainnya, termasuk apel. Itu sebabnya, pisang dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran udara.

Selain itu, pisang juga merupakan salah satu sumber terbaik potasium, yang dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Tak heran bila pisang direkomendasikan sebagai makanan yang baik bagi penderita asma.

Untuk bisa menghasilkanm manfaat yang begitu optimal, makan pisang dengan apel.

6. Jahe

Bahkan, para ahli tidak tahu persis bagaimana bekerja jahe membantu meringankan gejala asma. Namun, mereka menemukan ramuan dapat membantu mengurangi reaksi alergi dengan menurunkan kadar IgE yang rendah dalam tubuh.

Seperti diketahui, terkait erat dengan asma alergi. Ketika kadar IgE dalam tubuh menurun, sehingga reaksi alergi muncul terlalu lambat akan berkurang. Akibatnya, gejala asma Anda dapat dikontrol dan jarang kambuh.

Studi ini juga melaporkan bahwa jahe dapat membantu mengurangi peradangan dan menghambat kontraksi saluran napas. Jahe juga dapat meningkatkan relaksasi otot, serta beberapa obat terhadap asma. Oleh karena itu, jahe harus digunakan sebagai makanan yang baik untuk makan dengan asma.

Jahe dapat diobati dengan cara yang berbeda. Dari minuman seperti jahe sampai bumbu begitu ringan di dapur.

Makanan yang tidak baik bagi penderita asma

Ada sejumlah makanan yang bisa memicu gejala asma dan harus dihindari dengan asma, termasuk:

1. Makanan yang mengandung sulfit

Sulfit adalah bahan kimia yang ditemukan dalam makanan dan minuman. Bahan kimia ini sering digunakan sebagai pengawet. Namun, sejumlah makanan fermentasi tertentu juga dapat membuat reaksi kimia yang mengaktifkan sulfit alami.

Mengutip WebMD, kasus alergi sulfit ditemukan pada satu dari seratus orang. risiko Anda mungkin meningkat jika Anda memiliki riwayat asma.

Berikut adalah jenis makanan dan minuman sulfit tinggi yang tidak untuk dikonsumsi dengan asma:
  • Buah kering (termasuk kismis)
  • jus lemon dalam wadah
  • jus anggur dalam wadah
  • anggur
  • Molase (tetes tebu)

2. Makanan yang mengandung gas

Makanan yang mengandung gas dapat menempatkan tekanan pada diafragma. Tanpa sadar, hal itu dapat menyebabkan sesak dada dan gejala lain dari pemicu asma. Selain itu, padahal sebelumnya Anda juga memiliki riwayat penyakit yang tinggi asam lambung (GERD).

Berikut beberapa makanan dan minuman yang mengandung gas dan harus dihindari oleh penderita asma.
  • minuman ringan
  • minuman manis dalam wadah
  • gusi
  • goreng
  • Sayuran seperti kubis dan kembang kol
  • kacang polong
  • bawang putih

Semua makanan di atas dapat memberikan kelebihan gas. Oleh karena itu, setiap orang memiliki kemampuan untuk mencerna makanan yang berbeda.

3. Cepat

pengawet kimia, perasa dan pewarna sering dalam makanan olahan dan makanan cepat saji. Beberapa orang dengan asma mungkin sensitif atau alergi terhadap bahan-bahan buatan ini.

4. pemicu Makanan

Beberapa makanan yang paling sering menyebabkan reaksi alergi seperti asma meliputi:
  • perusahaan susu
  • hidangan laut
  • gandum
  • telur
  • dan lain-lain

Kami menyarankan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menghindari makanan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar